2

 



“Menulis adalah bukan sekadar melatih otak berpikir dan menjaga daya ingat, tetapi bagiku menulis adalah media menuangkan berbagai ekspresi, bersuara pada dunia, hingga terapi jiwa yang bisa mengobati luka dan berperan dalam proses untuk lebih mudah memaafkan.”

Dunia blogging adalah salah satu bidang yang paling kunikmati, lantaran telah memfasilitasi passion menulis yang telah tumbuh di dalam diriku sejak kecil.

Mengapa memilih menulis di blog? Karena melalui blog aku bisa menulis dengan bebas. Selain itu, media ini mampu mengabadikan setiap tulisanku. Sehingga apapun ide yang tertuang akan tetap hidup, meski kelak raga ini sudah tak lagi berpijak di bumi.

Jika tulisan itu dibaca dan mendatangkan manfaat atau bisa menginspirasi orang lain, maka hal ini bisa jadi amal jariyah kita tentunya. Karenanya aku selalu berusaha menulis yang baik-baik dan patuhi pakem-pakem kepenulisan, agar hanya hal positif yang akan dilahirkannya. Terlebih aku pun punya impian untuk bisa jadi Blogger Lampung yang dikenal karyanya.

Nah, ternyata untuk bisa menebar lebih banyak manfaat dan tulisan kita dikenal, perlu support sistem yang bisa menjadi suntikan semangat dan memberikan akses untuk bisa lebih maju sebagai blogger.

Akupun memutuskan untuk masuk dan bergabung di komunitas blogger yang ada di Lampung. Karena aku sadar bahwa peran komunitas sangat penting dalam membangun, mengelola blog, hingga membentuk branding diri kita.

Jujur, ngeblog tanpa komunitas itu rasanya seperti seseorang yang terpisah dari rombongan saat jalan-jalan di tempat asing.

Bergabung dengan Tapis Blogger

Pada September 2017 aku pun bergabung dengan komunitas bloggernya orang Lampung, yakni Tapis Blogger.

Saat itu komunitas yang digawangi mbak Naqiyyah Syam ini sedang merayakan milad pertama yang digelar di Graha Pena Radar Lampung pada 3 September 2017.


Milad Tapis Blogger ke-1 di Graha Pena Rada Lampung


MasyaAllah acara milad kala itu cukup meriah dan penuh gizi, karena banyak ilmu kepenulisan yang dibagikan. Akupun sangat senang karena telah menemukan chemistry yang pas untuk mendukung kegiatan blogging dan menjembataniku menjadi Blogger Lampung yang lebih bermanfaat.

Yuk, Kenalan dengan Tapis Blogger

Sebelum lanjut tentang aku dan Tapis Blogger, yuk kita kenal lebih dekat dengan komunitas Blogger Lampung ini.

Tapis Blogger merupakan komunitas tempat berkumpulnya Blogger Lampung, baik yang ada di Lampung maupun orang Lampung di kota perantauan.

Terbentuknya Tapis Blogger merupakan hasil dari ide para emak-emak blogger, yaitu mbak Naqiyyah Syam sebagai founder, mbak Heni Puspita, uni Fitri Restiana, dan mbak Izzah Annisa sebagai co-founder.


Pendiri Tapis Blogger, Heni Puspita, Naqiyyah Syam, Izzah Annisa


Pada 31 Agustus 2016, para anggota Tapis Blogger berkumpul untuk pertama kalinya. Momen ini pun sekaligus ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Tapis Blogger.

Pada masa awalnya, komunitas ini hanya diperuntukkan bagi blogger perempuan Lampung saja. Tetapi kemudian terbuka untuk umum.

Sejak awal terbentuk hingga sekarang di usianya yang ke-7 tahun, Tapis Blogger dan para anggotanya terus bersinergi dan bekerja sama, memberikan yang terbaik tidak hanya untuk para anggota, tetapi juga untuk Lampung.

Hal ini tebukti dengan aktifnya para anggota Tapis Blogger dalam mengenalkan Lampung dan memberi manfaat bagi Kota Tapis Berseri, baik melalui tulisan di blog maupun konten di media sosial seperti Instagram hingga TikTok.

Selama perjalanannya hingga kini sampai pada Milad ke-7 Tapis Blogger, komunitas Blogger Lampung ini telah banyak mendapatkan ajakan kerjasama dari berbagai lembaga, baik pemerintah maupun swasta, Perusahaan besar hingga UMKM.


Para anggota Tapis Blogger ikut aktif dalam mempromosikan potensi daerah Lampung


Tak hanya itu, para anggota Tapis Blogger pun telah banyak yang mengukir prestasi, seperti memenangkan berbagai lomba blog, juara vlog, juara foto instagram, dll.

Hal ini semua tidak terlepas dari peran tim Tapis Blogger, terutama sang ketua (mbak Naqy) yang memang care untuk kemajuan para anggotanya, seperti mengadakan pelatihan editing video, photography, kepenulisan, hingga cara membuat konten.

Dengan berbagai fasilitas dan program yang diadakan Tapis Blogger, diharapkan para anggotanya bisa terus berperan aktif dalam mengenalkan Lampung, melalui pesan konten-konten positif di media sosialnya.

Berikut beberapa peran aktif Tapis Blogger dalam mengenalkan Lampung hingga saat ini:

·         Turut aktif mengekspos Lampung Krakatau Festival

·         Berpartisipasi dalam berbagai event daerah Lampung bersama dinas terkait atau lembaga pemerintah

·         Mengenalkan produk khas Lampung

·         Mengenalkan kuliner khas Lampung

·         Mengekspos potensi keindahan dan kekayaan alam Lampung

·         Membuat konten-konten dan pesan positif tentang Lampung

Berikut aku sajikan video singkat peran para anggota Tapis Blogger dalam mengenalkan Lampung.




Arti Tapis Blogger Bagiku

Tapis Bloggerr telah banyak memberi hal luar biasa dalam mendukung kegiatanku di dunia blogging, hingga kini aku telah dikenal sebagai Blogger Lampung.

Bangga? Tentu saja, karena akhirnya impian menjadi blogger yang lebih baik bisa terwujud, berkat tempaan dan ilmu yang kudapatkan dari berbagai kegiatan serta support sistem, yang diberikan keluarga Tapis Blogger.

Aku telah banyak membuktikan sendiri, bagaimana kemajuan kemampuan ngeblogku yang terus terasah sejak bergabung dengan komunitas Bloggernya orang Lampung ini.

Hingga akhirnya akupun berkesempatan menjadi juara di beberapa lomba blog. Di antara yang membanggakan, aku juara 1 Lomba Blog tentang investasi saham yang saat itu hadiahnya Laptop, serta juara 3 lomba yang diadakan Golongan Hutan tentang hutan Indonesia dengan hadiah uang tunai.


Dapat hadiah Laptop lomba blog Investasiku tahun 2022


Selain itu, lewat Tapis Blogger, banyak kesempatan baik yang datang menghampiri. Di antaranya ikut terlibat dalam kampanye kesehatan, lingkungan, kuliner, hingga pariwisata Lampung.

Tak sampai di situ, dengan Tapis Blogger, akupun bisa bertemu banyak orang hebat dari berbagai bidang ilmu, bahkan pejabat negara dengan jarak yang begitu dekat.

Salah satu yang tak terlupakan adalah saat Tapis Blogger mengajakku untuk ikut dalam event MPR RI di sosialisasi 4 pilar MPR bersama Ketua MPR saat itu, bapak Zulkifli Hasan.


Tapis Blogger dalam kegiatan 4 Pilarr MPR RI 


Bonus lainnya yang telah kuraih sejak bergabung dengan Tapis Blogger adalah kesempatan menjadi influencer dengan mereview berbagai macam produk dari brand-brand ternama di Indonesia.

All thanks to Tapis Blogger, sahabat sejatiku di dunia blogging dan kepenulisan yang telah menemaniku hingga kini. Aku benar-benar merasa ada di dalam rumah kedua yang selalu mendukung hobi blogging ini.

Happy Milad Tapis Blogger yang ke-7 tahun.

Semoga di hari jadi ini ke depannya bisa terus tetap eksis dengan berbagai kegiaan positifnya untuk Lampung dan Indonesia. Para anggotanya terus semangat menebarkan manfaat dan menjaga kekeluargaan, terus berjuang bersama membesarkan nama Tapis Blogger.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Milad ke-7 Tapis Blogger.




 

Posting Komentar

  1. seseru itu kalau bergabung di komunitas yang sesuai sama passion kita ya, jadi punya banyak temen, kesempatan untuk belajar juga lebih luas lagi
    Dan kemampuan menulis maupun berpikir kita juga jadi lebih kritis dengan banyak membaca dan bisa jadi semangat kita buat ikutan lomba blog

    BalasHapus

 
Top